Adopsi dari: Jonathan Trevor (Harvard Business Review, January 12, 2018)
Perusahaan yang berkinerja
terbaik seringkali merupakan yang terbaik didalam
menyelaraskan strategi kepada semua elemen individu dalam organisasi. Tapi
siapa di perusahaan Anda yang memperhatikan seberapa baik strategi Anda sesuai
dengan tujuan dan kemampuan organisasi Anda? Dalam beberapa penelitian yang
dilakukan dengan beberapa perusahaan, dapat diamati bahwa, seringkali, tidak
ada individu atau kelompok yang secara fungsional bertanggung jawab untuk
mengawasi pengaturan perusahaan mereka dari ujung ke ujung. Kemudian, beberapa
individu ataupun kelompok yang berbeda bertanggung jawab atas komponen rantai
nilai yang berbeda yang membentuk desain perusahaan mereka, dan seringkali
mereka tidak tergabung sebagaimana mestinya. Misalkan, para pemimpin secara
pribadi hanya mengejar insentif untuk melindungi dan mengoptimalkan wilayah
mereka sendiri, dan mendapati diri mereka terkunci dalam perang internal yang
menekan energi, daripada bekerja dengan rekan sejajar untuk menyesuaikan dan
memperbaiki seluruh perusahaan.
Jadi, siapa yang harus bertanggung jawab
untuk memastikan perusahaan Anda selaras secara strategis? Jawabannya jangan
sampai "CEO" atau Direksi. Tugas menyelaraskan strategi kedalam perusahaan
modern tidaklah mudah untuk ditambahkan kedalam daftar orang yang tugasnya
mempertimbangkan ratusan hal lainnya, tidak peduli seberapa berbakat atau
hebatnya mereka. Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan yang harus
diperhatikan untuk perusahaan anda sendiri antara lain:
1.
Secara praktis, siapa (Who) di tingkat
perusahaan anda yang bertanggung jawab untuk memastikannya bahwa selaras secara
strategis? Apakah fokus dan perilaku mereka sesuai dengan tanggung jawab ini,
ataukah hanya merupakan tambahan dari pekerjaan utama mereka? Apakah hal ini
merupakan tanggung jawab senior manajer perusahaan anda, atau haruskah itu
menjadi tanggung jawab yang lebih terdistribusi? Berapa banyak dan seberapa sering
waktu yang dibutuhkan bagi perusahaan anda untuk meninjau ulang prinsip utama
organisasi dan mendiskusikan bagaimana membangun kemampuan untuk pelanggan masa
depan, dibandingkan dengan fokus pada bisnis saat ini?
Baca Juga : Management is about human being
2.
Bagaimana (How)kepemimpinan perusahaan anda membuat keputusan yang tepat tentang
pengaturan perusahaan anda sebagai sistem kompleks dari banyak bagian yang bergerak
dan saling berhubungan, termasuk kemampuan organisasi, sumber daya, dan sistem
manajemen, dimana semuanya ditujukan untuk memenuhi satu tujuan secara menyeluruh?
Kerangka kerja dan informasi apa yang dibutuhkan oleh pemimpin anda untuk mengajukan
pertanyaan yang baik, melakukan percakapan yang lebih baik, dan membuat pilihan
strategi dan organisasi yang tangguh?
3.
Kemampuan (What) apa yang dimiliki oleh pemimpin tingkat perusahaan anda agar efektif dalam
menyelaraskan perusahaan anda agar memastikannya sesuai dengan tujuan
perusahaan? Dalam menghadapi tantangan penyelarasan strategis, seorang pemimpin
harus menjadi “multi-segalanya” dalam pandangan dan kemampuan.
“Multi-segalanya” dalam pengertian ini berarti: multi-level (mampu berpikir tingkat perusahaan); multi-disiplin (menjadi berbentuk “T”
atau memiliki pengetahuan generalis dan spesialis yang berkisar di seluruh
bisnis); multi-nasional (tidak
memiliki bias geografis atau budaya dalam lingkup atau pengambilan keputusan); multi-pemangku kepentingan (memahami
perusahaan dari berbagai perspektif dan kepentingan); dan multi-bertahap (memilih untuk berpikir dalam waktu dekat, menengah
dan jangka panjang meskipun mendapat tekanan untuk hasil langsung).
Jika tidak ada
jawaban yang jelas atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka ada kemungkinan bagus
bahwa tidak ada orang yang cukup memperhatikan penyelarasan strategis di
perusahaan Anda. Jika demikian, Anda sangat perlu untuk mengatasi kesenjangan
ini dalam fokus dan kemampuan kepemimpinan. Mencapai keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan melalui penyelarasan strategi yang superior tidak terjadi secara
kebetulan - hal itu terjadi karena disain, atau tidak sama sekali, dan
memerlukan pengembangan kepemimpinan khusus, yang disebut kepemimpinan perusahaan.
Penulis : Yose Foejisanto
Cognoscenti Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Cognoscenti Consulting Group. www.ccg.co.id / 021. 29022118