Untuk mengukur suatu visi
perusahaan, dibutuhkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kata-kata yang
digunakan untuk menentukan apakah kata tersebut benar-benar berarti. Anda harus
menggali lebih dalam untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki pemahaman
yang sama terhadap setiap kalimat, maka dari itu cobalah untuk berkonsultasi
dengan staf anda dan mencapai konsensus tentang makna arti tersebut.
Mendefinisikan indikator
yang tepat dapat digunakan untuk mengukur kemajuan dari visi yang dibuat. Coba kita
lihat satu pernyataan visi bersama, misalkan: "Outstanding Value to Customers”. Bagaimana pernyataan ini dapat
diukur? Bagaimana anda tahu kapan hal ini dapat dicapai? Ini harus didasarkan
pada bukti dan bukan hanya sekedar pendapat. Kemudian, informasi apa yang
diperlukan untuk membuktikan bahwa kalimat dari visi tersebut dapat
direalisasikan? Pertama, "Outstanding" menyiratkan pada melakukan
sesuatu yang lebih baik daripada yang diharapkan. Bagaimana kita dapat mengukur
hal ini? Ada dua indikator yang memungkinkan yaitu kualitas dan layanan. Di
mana anda dapat menemukan indikator ini? Anda dapat melakukan survei dan
meminta pelanggan Anda untuk menilai kualitas atau layanan yang sudah ditawarkan
dari perusahaan, ataupun menggunakan data proses internal dari penjualan hingga
pengiriman. Alternatif pertama akan memberikan informasi yang anda inginkan
tapi mungkin memberikan ketidaknyamanan pada pelanggan anda. Kemudian
alternatif kedua, tidaka akan mengganggu waktu dari pelanggan, tetapi hanya
melalui pendekatan dari maksud visi perusahaan dalam memberikan nilai yang
maksimal.
Kriteria Penentuan Indikator
Untuk mengukur secara efekif kemajuan Anda terhadap visi, sangat dianjurkan bahwa indikator yang dirancang harus kualitas. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menentukan suatu indikator antara lain:
Untuk mengukur secara efekif kemajuan Anda terhadap visi, sangat dianjurkan bahwa indikator yang dirancang harus kualitas. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menentukan suatu indikator antara lain:
·
Measurable
Indikator tersebut harus dapat diukur. Suatu indikator dapat diukur jika
dimulai dengan kata-kata "jumlah", "persen,"
"rasio," "rata-rata", atau "delta" (perbedaan
antara A & B). Misal: adalah: jumlah pesanan pelanggan, persentase dari
pesanan pelanggan yang melalui online, rata-rata jumlah pesanan pelanggan per
hari, total pesanan pelanggan, perbedaan antara pesanan pelanggan diterima
dibandingkan proyeksi
·
Supported
By Data
Indikator harus dapat didukung oleh data yang sudah ada dalam sistem data perusahaan,
atau dapat diambil dengan memeriksa dokumen-dokumen yang dihasilkan selama proses
operasi perusahaan. Jika data yang sekarang tidak ada, anda dapat menilai
apakah data yang diambil sudah memungkinkan atau biaya efektif
·
Fact-based
Suatu Indikator lebih bermakna jika mereka berdasarkan fakta, bukan
pendapat. Meskipun pendapat dapat memberikan informasi yang berharga. indikator
berdasarkan fakta lebih disukai. Sebagai contoh, indikator berbasis opini
mungkin pelanggan yang memberikan rating dengan bintang lima terhadap suatu
produk pada situs e-commerce. Hal ini berdasarkan pada pendapat pelanggan. Informasi
tersebut berharga tapi tidak berdasarkan fakta, sedangkan persentase pelanggan
yang memesan produk untuk kedua kalinya adalah berdasarkan fakta. Semakin
banyak indikator yang dibuat berdasarkan fakta, maka semakin tinggi kualitas untuk
pengukurannya.
·
Reliable
Salah satu kriteria untuk mempertimbangkan menjadi indikator, yaitu sumber
datanya harus dapat diandalkan. Keandalan sumber data tersebut bisa dilihat
dari akurasi sumber datanya dan kesediaaan data secara teratur.
·
Accurately
conveys the intent of the vision
Indikator yang dipilih harus dapat mengukur visi dari
perusahaan. Salah satu kriteria dalam memilih indikator adalah penyampain maksud
secara akurat dalam visi. Namun, jika data untuk indikator ini tidak ada atau
sulit untuk didapatkan, maka anda dapat memilih indikator yang mendekati maksud
dari visi perusahaan anda.
Penulis :Yose Foejisanto, SE, M. Sc
Magnatransforma Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Magnatransforma Consulting Group. www.magnatransforma.com / 021. 29022118